BISNIS DEPO CONTAINER

3569216_depocontainer
tentangexportimport.blogspot.com

Depot container adalah wilayah atau tempat yang ada di pelabuhan yang digunakan untuk menyimpan container dengan dilakukan proses pengeluaran, penerimaan, perawatan dan perbaikan terhadap container kosong. Sebuah depot container harus memenuhi persyaratan dari asosiasi depo container/ASDEKI, pemerintah, dan pemilik container. Depot container mempunyai peran yang sangat penting di dalam pertumbuhan ekonomi khususnya kegiatan ekspor dan impor yang menggunakan container. Container merupakan bagian dari truk trailer yang dapat dilepas dari chasisnya untuk dimuat ke dalam kapal, kereta, atau ditumpuk di depot container (mscgva, 2009).
Dalam dunia pelayaran, pengelolaan kontainer ini biasanya dipercayakan kepada pihak ketiga yaitu perusahaan yang secara khusus bergerak dalam bidang manajemen kontainer yang biasa disebut dengan operator depot atau Kontainer Depot. Sehingga kita bisa katakana bahwa pengertian dari Kontainer Depot adalah Adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang digunakan untuk menyimpan kontainer dengan dilakukan proses perawatan dan perbaikan terhadap kontainer tersebut. Sebuah depo kontainer harus memenuhi persyaratan dari asosiasi depo kontainer / ASDEKI , pemerintah dan pemilik kontainer. Depot kontainer mempunyai peran yang sangat penting didalam pertumbuhan ekonomi khususnya kegiatan export dan import yang mengunakan kontainer.

Prospek Bisnis Depo Container di Indonesia

Saat ini peranan Depo Container semakin penting dan sangat diperlukan baik sebagai tempat penyimpanan ataupun transit. Perkembangan perdagangan internasional yang sangat maju seperti sekarang ini menumbuhkan semakin banyak pula Depo Container yang didirikan baik oleh perusahaan perseorangan maupun perusahaan persekutuan sehingga menambah semakin ketatnya persaingan.
Sejalan dengan semakin meningkatnya peranan Depo Container bagi perdagangan internasional, maka potensi pasar yang menyediakan jasa akan mengalami peningkatan pula. Potensi pasar yang semakin luas ini merupakan peluang bisnis bagi pengusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha yang dimilikinya. Para pengusaha harus selalu berusaha agar perusahaannya mempunyai manajemen yang baik dan strategi pemasaran yang tepat dalam usahanya untuk merebut pasar yang ada. Perusahaan harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan kepuasan konsumen agar berhasil di pasar, sehingga semua kegiatan perusahaan harus selalu berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dan kepuasan konsumen.
Perusahaan yang bergerak di bidang Depo Container dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan dan perubahan-perubahan dari perilaku, sikap dan selera konsumen sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan strategi pemasaran yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Persaingan antara pengusaha-pengusaha Depo Container semakin lama semakin ketat dalam usahanya untuk memperebutkan pangsa pasar yang ada. Berbagai cara akan ditempuh perusahaan agar produknya lebih disukai oleh konsumen. Agar dapat menentukan program pemasaran secara tepat, diperlukan pemahaman mengenai perilaku konsumen. Dengan memahami perilaku konsumen akan diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pemakaian jasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s